A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hukumham/public_html/index.php:3)

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 662

JDIH Bagian Hukum dan HAM Setda. Kabupaten Badung, Provinsi Bali - Bagian Hukum Badung Laksanakan Penyuluhan dan Sosialisasi Perda

Saturday, 21 October 2017

Bagian Hukum Badung Laksanakan Penyuluhan dan Sosialisasi Perda

  • Oleh:Wayan Raka
  • Tanggal:23 Desember 2013
cover

Kegiatan Penyuluhan Hukum / Sosialisasi Perda yang dilaksanakan oleh Tim yang tergabung dalam Tim Penyuluhan Hukum Pemerintah Kabupaten Badung yang terdiri dari  lingkungan sektoral Pemerintah Kabupaten Badung maupun instansi fertikal lainnya yaitu Instansi Kementrian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Provinsi Bali, Kejaksaan Negeri Denpasar, Polresta Denpasar / Polres Badung, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Penyuluhan  pada tahun ini yang dilaksanakan mulai akhir bulan Pebruari sampai dengan akhir bulan April. Penyuluhan kali ini lain dari tahun sebelumnya, disamping di tujukan kepada Desa/Kelurahan kegiatan kali ini juga menyasar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di enam Kecamatan di Kabupaten Badung.

Penyuluhan Hukum ini dilaksanakan sebagai upaya prefentive untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran Hukum / Tindak Pidana yang terjadi di Kabupaten Badung. Penyuluhan hukum dan Sosialisasi Perda pada tahun 2013 ini dibagi menjadi dua tahap, pada tahap pertama penyuluhan dilaksanakan pada enam sekolah tingkat menegah atas yang ada dimasing-masing kecamatan se-Kabupaten Badung dengan materi yang di sesuaikan dengan konfigurasi permasalahan yang berkembang seperti Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan Raya. Materi ini diberikan karena anak-anak seusia tingkat SMA  kecerdasan emosionalnya sangat labil dan sedang memasuki masa peralihan dari usia remaja ke usia dewasa sehingga rentan akan hal tersebut. Narkoba merupakan bahaya laten yang setiap saat bisa mempengaruhi anak-anak seusia tersebut, termasuk juga dalam hal berlalu lintas yang akhir-akhir ini banyak muncul geng motor yang kebut-kebutan dijalan dengan seenaknya yang sering mengganggu pengguna jalan lainnya.

Sedangkan tahap keduanya menyusul dilaksanakan pada bulan April dengan menyasar Desa / Kelurahan dimasing-masing kecamatan, adapun materi yang  diberikan diantaranya Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dikaitkan dengan Perda nomor 10 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Penyuluhan dan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahan kepada masyarakat   makna penting dari sebuah akta catatan sipil seperti akta kelahiran, akta perkawinan akta perceraian maupun maupun akte kematian. Sejalan dengan itu, juga disampaikan materi lainya seperti Undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga.


Produk Hukum Lainnya

  • Karangasem
  • Badung
  • Tabanan
  • Gianyar
  • Klungkung
  • Buleleng
  • Bangli
  • Jembrana
  • Denpasar